Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Belajar berhemat


Haloo semuanya kali ini saya akan membahas tentang belajar bagaimana caranya berhemat, terutama bagi kita - kita nih para mahasiswa, tak bisa dipungkiri kebutuhan kita sebagai mahasiswa tidak tentu, bisa saja diwaktu waktu tertentu uang bulanan dari orang tua menipis akibat berbagai kebutuhan yang mau tidak mau harus dipenuhi.
Pernah dengar kan pepatah  "hemat pangkal kaya". mungkin bagi sebagian orang hal ini adalah biasa, namun apakah yakin kita sudah menerapkan hal ini dalam kehidupan kita ?


1. Menabung

Nah untuk yang ini adalah kebiasaan yang kita lakukan sejak jaman sekolah dasar dulu, tapi banyak nih yang susah melakukan hal ini, kadang bisa uangnya terpakai membeli hal hal yang tidak terencana sebelumnya, bahkan untuk barang barang yang sebenarnya tidaklah penting. Nah gimana nih ? kadang kita bisa stres sendiri kalau ada kebutuhan mendesak tetapi tidak ada tabungan yang bisa kita pakai. Mengatasi hal tersebut adalah dengan menabung, menyisihkan sebagian dari uang bulanan dan menyimpanya disuatu tempat yang aman.

2. Membeli barang yang dibutuhkan bukan yang diinginkan


Ini adalah hal yang paling sering terjadi, terutama bagi yang  sering pergi belanja sana - belanja sini, misalnya saja ada diskon sepatu di sebuah toko, nah dengar ada diskon kamu malah mau beli padahal sepatu yang kamu punya masih bagus. Bagaimana kalau dipikir pikir lagi, mungkin saja ada barang penting yang kamu butuhkan lebih dari sepatu. 

3. Membuat daftar pengeluaran 


Hal ini adalah hal yang jarang dilakukan, beberapa teman yang saya temui mengaku tidak ingin, atau bahkan malas melakukan hal ini. Padahal ini merupakan hal yang penting, Dari anggaran ini kamu bisa tahu kemana saja uang yang kamu miki dihabiskan, mulai uang belanja kebutuhan pribadi, uang bayar kost setiap bulannya, uang makan, uang bensin dan lain sebagainya.


4. Jangan sering makan diluar


Mahasiswa dengan segudang aktivitas baik akedemik maupun non akademik membuat kita jarang memasak makanan untuk kita sendiri, Sering dong kita makan diluar karena hal tersebut,kita harus pandai pandai mengatur kapan kita harus makan diluar, sering seringlah memasak untuk diri sendiri, selain sehat hal itu juga bisa menghemat pengeluaran, jangan sampai dompet kita tipis gara - gara keseringan makan diluar.



5. Makan makanan sehat


Siapa sih yang gak suka makanan cepat saji ? Apalagi sekarang makanan ini menjamur di berbagai kalangan, dengan harga yang murah, praktis dan rasanya yang enak membuat ketagihan, padahal makanan seperti itu tidak lah baik jika dikonsumsi setiap hari untuk kesehatan. Mulailah mengurangi makanan tersebut agar kita tetap sehat dan kondisi keuangan aman terkendali. 


6. Kerja sampingan

Cara paling ampuh mengatasi krisis keuangan yang melanda, beberapa teman yang saya temui melakukan hal ini, mulai dari bekerja sampingan ditoko, ataupun yang suka jual jual online di media sosial miliknya. Namun jangan sampai tugas utama kita sebagai mahasiswa yaitu belajar terabaikan, kita harus bisa membagi jadwal antara kuliah dan bekerja. 

Post a Comment for "Tips Belajar berhemat "