Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Perbedaan Siswa dengan Mahasiswa

Dalam dunia pendidikan, banyak istilah istilah yang sering digunakan, salah satu nya siswa dan mahasiswa istilah yang mirip tapi tak sama, penambahan maha dalam kata Mahasiswa membuat perbedaan besar terhadap kata siswa sendiri, dari penambahan kata maha tentunya terdapat perbedaan besar antara siswa dan mahasiswa walaupun pada dasarnya tetap menuntut ilmu. baiklah langsung saja berikut perbedaan mendasar siswa dengan mahasiswa.

1. Mahasiswa selalu dituntut untuk berfikir kritis, Siswa dilatih untuk berfikir kritis
 Sebenarnya ini hanya opini saya, sebagai mahasiswa jurusan pendidikan dimana perbedaan yang saya rasakan adalah mahasiswa didalam keadaan apapun dituntut untuk berfikir kritis, sedangkan siswa dilatih oleh guru di sekolah untuk berfikir kritis.

2. Siswa belajar dengan sumber yang sudah ada, sedangkan mahasiswa kebanyakan mencari materi sendiri


Di sekolah siswa tentu akan di ajarkan sesuai materi pembelajaran sesuai dengan indikator yang di tuju, sedangkan mahasiswa kebanyakan mencari materi yang sudah dibagikan oleh dosen mata kuliah kemudian mendiskusikannya kedalam forum diskusi.

3. Siswa ditekankan untuk memahami pelajaran, Mahasiswa tergantung individu masing-masing
Untuk poin yang satu ini merupakan pemikiran saya pribadi, karena kebanyakan dosen tidak peduli mau mendengarkan atau tidak, dosen tidak betanggung jawab atas hasil yang telah mahasiswa dapat berbeda dengan guru yang memiliki tanggu jawab atas hasil yang didapat oleh siswa didikannya, makadari itu guru banyak berharap agar siswa dapat paham mengenai pelajaran.

4. Mahasiswa Ditekankan untuk hidup mandiri, sedangkan siswa tidak diwajibkan tetapi dapat melakukannya.
 Kebanyakan orang biasanya memilih untuk kuliah diperantauan, selain untuk mencari pengalaman baru juga melatih kemandiriian, mahasiswa biasanya secara sendiri akan terlatih untuk berprilaku mandiri mengatur uang serta melakukan kegiatan seperti masak, menuci, dan kegiatan lain, walaupun ada juga kemungkinan lebih sering beli makanan diluar dan mencuci dengan jasa pencucian. Sedangkan siswa karena kebanyakan masih berada di lingkup rumah siswa biasanya sedikit dimanjakan... munngkin diusia SMA baru kalian mulai mencuci baju kalian sendiri hehehe mf cuma tebakan saya, mungkin ada juga yang sudah bisa bantu orang tua kerja, eeeem dari pengalaman saya siswa di daerah pedesaan terlihat lebih mandiri dari wilayah kota mungkin karena keterbatasan fasilitas didesa (kata dosen saya Keterbatasan membuat seseorang lebih kreatif) setuju ga ?..

Ok, Sekian tulisan nyeleneh dari saya, semoga bermanfaat, kalau kalian tau apalagi yang membedakan siswa dan mahasiswa bisa di tuliskan dikolom komentar. Intiya baik itu siswa atau pun mahasiswa, kita merupakan generasi muda yang menjadi harapan bangsa sebagai generasi penerus yang berkarakter dan berpengetahuan, Harapan saya semoga kita semua terus termotivasi untuk memajukan bangsa ini sekian terima kasih.

Post a Comment for " 4 Perbedaan Siswa dengan Mahasiswa"