Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara efektif Menghemat Uang Saku di Tanggal Tua

Mitos ataupun fakta hampir semua Mahasiswa perantauan menderita di akhir bulan, mengapa ini bisa terjadi ? Jawabannya adalah Penyebab Mahasiswa Menderita di Tanggal Tua. Jadi berikut 5 cara efektif untuk menghemat Uang saku kita di tanggal tua (menurut pendapat saya)

1. Berpuasa
Ini merupakan solusi yang sangat bermanfaat selain menghemat uang, juga dapat membuat tubuh sehat serta juga berpahala. Anda bisa memilih hari Senin dan Kamis untuk berpuasa karena puasa pada hari senin dan kamis merupakan puasa sunnah sehingga akan terasa manfaatnya selain uang saku anda bisa di hemat seminim mungkin, tetapi harus diperhatikan juga menu sahur dan berbuka usahakan tidak berlebihan karena malah akan memperbesar pengeluaran anda.


2. Rencanakan Pengeluaran Terlebih Dahulu
Dalam pengambilan langkah dan keputusan diperlukan sebuah perencanaan untuk mengatasi suatu solusi atau masalah, cara ini juga dapat digunakan dalam menghemat pengeluaran sampai akhir bulan usahakan pisahkan uang yang ada menjadi 3 bagian  yang pertama uang untuk kebutuhan penting, yang kedua untuk kebutuhan mendesak dan yang ketiga uang lebih, misal dalam waktu 1 minggu jatah uang saku 200 ribu maka, 100 ribu untuk makan seminggu, 50ribu untuk cadangan, dan 50 ribu untuk uang lebih seperti nongkrong di kafe atau beli kuota dll. Cara yang satu ini cukup sulit diterapkan jika tidak dijalankan secara teratur, selain karena godaan hidup di kota juga karena faktor dari dalam diri kita sendiri, karena dalam sehari pasti ada saja yang akan membuat kita mengeluarkan uang dari dompet kita.

3. Kerja Sampingan
Banyak sekali mahasiswa yang kuliah juga sambil bekerja, walaupun gajihnya gak begitu besar tapi cukup untuk menutupi krisis pada tanggal tua. Mencari kerja jaman sekarang memang sulit apalagi untuk mahasiswa, tak jarang ada yang menolak jika ada mahasiswa yang melamar kerja (sebagai penjaga stan misalnya) dengan alasan tidak dapat bekerja secara optimal jika sambil kuliah, tetapi ada juga yang tidak, tergantung bagaimana kondisi di wilayah anda. Selain  dengan mencari kerja anda juga bisa membuat pekerjaan sendiri tanpa perlu melamar dengan modal yang minim berikut Usaha Sampingan yang Efektif Menambah Uang Jajan

4. Kurangi Kegiatan Yang Mengeluarkan Uang
Dengan mengurangi kegiatan yang banyak mengeluarkan uang mungkin anda bisa berhemat sedikit demi sedikit, berbeda dengan cara kedua yang direncanakan terlebih dahulu, cara ini membuat anda menahan keinginan anda terhadap sesuatu misalnya anda punya uang lebih 50 ribu kemudian teman-teman anda mengajak nonton bioskop, nah di situlah hawa nafsu anda harus dilawan, dimana ketika anda masih mempunyai uang lebih dari cukup, dan harus berusahan menahan keinginan anda. utamakan  hanya kebutuhan primer yang terpenuhi sedangkan seperti kegiatan misal nongkrong di cafe, nonton bioskop, dan kegiatan yang menghamburkan banyak uang untuk dikurangi.

5. Masak Sendiri
Kebanyakan mahasiswa sekarang apalagi yang kurang terampil dalam memasak memilih untuk makan diluar, selain karena makan diluar lebih praktis dan enak namun tanpa kita sadari sebenarnya terlalu sering makan diluar berbahaya bagi dompet serta kesehatan kita, misalnya saja ada warung makan yang menjual harga makan + minum 10.000 per porsi jika saja kamu makan pada waktu siang dan malam  maka  dalam sehari uang yang keluar adalah 20.000, kemudian jika kamu terus makan diluar dengan intensitas 2 kali sehari dan patokan harga terendah 10.000 makan dalam seminggu uang kamu yang keluar adalah 140.000, jika dibandingkan dengan memasak sendiri dirumah kamu mungkin bisa menghemat 25% dari total pengeluaran perminggunya(untuk poin yang satu ini saya sudah pernah mengalami, dan berhasil tapi harus bisa menahan nafsu).

ok, demikian 5 Cara efektif menghemat uang saku di tanggal tua, perlu diingat bahwa berhemat bukan berarti menyikasa diri anda, jangan membuat diri anda tersiksa olah perbuatan anda sendiri yang mungkin bisa membuat penderitaan lebih di masa depan (mendatangkan penyakit). sekian dari saya terima kasih sudah membaca artikel ini semoga bermanfaat...

Post a Comment for "5 Cara efektif Menghemat Uang Saku di Tanggal Tua"