Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Waktu Terbaik Untuk Belajar, Pelajar Wajib Tau!

        Kesulitan dalam belajar tentu sering dialami oleh para siswa maupun mahasiswa, banyak sekali faktor yang mempengaruhi seseorang dalam belajar. Pemilihan waktu dalam belajar merupakan salah satu cara agar kita dapat belajar dengan efektif. Berikut waktu-waktu terbaik yang digunakan untuk belajar:
1. Sepertiga Malam terakhir ( diantara jam 3 sampai jam 5)
   Ini merupakan waktu terbaik untuk belajar, karena otak akan bekerja dengan maksimal selain itu suasana waktu subuh yang tenang membuat kita akan fokus dalam berkonsentrasi. Di waktu ini tubuh yang baru bangun akan menerima pelajaran lebih mudah serta merekat pada ingatan terutama untu belajar hafalan, karena adanya hormon yang berfungsi untuk menurunkan stres tubuh sehingga kita akan lebih siap belajar dengan tenang, dan secara teliti.

2. Jam 7 sampai jam 10 pagi
 Belajar pada waktu ini merupakan waktu yang optimal untuk belajar, bekerja atau melakukan kegiatan lain. Karena pada pagi hari otak masih belum bekerja dengan berat (masih segar dan siap untuk menerima pelajaran), selain itu udara pagi yang segar akan membuat sirkulasi udara segar ke otak dan membuat diri akan menerima pelajaran dengan baik.

3. Sore (Setelah Bangun dari Tidur Siang)
    Di waktu ini, kita dapat mengisi waktu belajar dengan mengerjakan pekerjaan rumah (PR) ataupun mengulang kembalim pelajaran disekolah. Di waktu sore ini sebaiknya tidak memaksakan diri untuk befikir keras agar pikiran dapat selalu segar dan dapat menerima pelajaran pada malam hari (Setelah Petang) Magrib.

4. Antara Magrib dan Isya
    Ini merupakan waktu yang ideal untuk belajar ringan, mengulang pelajaran, membaca, menyiapkan untuk pelajaran  di sekolah besok atau memeriksa PR yang telah dikerjakan. Kemudian diakhiri sebelum Isya agar otak tidak merasa lelah setelah berfikir seharian.

      Waktu belajar setiap orang memang relatif dan berbeda-beda, tergantung dengan gaya dan cara belajar masing-masing akan tetapi untuk mendapatkan hasil yang optimal maka pembagian waktu dalam belajar harus diperhitungkan dengan kerja otak dalam waktu 24 jam sehingga tidak membuat otak merasa lelah dan terganggu saat belajar.

Post a Comment for "Waktu Terbaik Untuk Belajar, Pelajar Wajib Tau!"